Cara Membuat CV yang Menarik dengan Mudah

Cara Membuat CV
Design vector created by freepik – www.freepik.com

CV atau curciculum vitae atau yang biasa dikenal dengan daftar riwayat hidup ini biasa kita butuhkan saat akan melamar sebuah pekerjaan. CV diperlukan agar perusahaan yang akan kita tuju dapat mengetahui tentang data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja hingga keahlian apa saja yang kita miliki. Cara membuat CV yang benar dan menarik dapat kalian simak pada ulasan di bawah ini:

Cantumkan Informasi Pribadi

Informasi pribadi adalah hal yang wajib ada dalam CV. Tidak perlu yang panjang dan detail, cukup cantumkan nama, alamat, nomor telepon dan email yang bisa dihubungi.Informasi pribadi ini diperlukan dalam pembuatan CV karena hal inilah yang akan dilihat pertama kali oleh perekrut. Urutan yang benar untuk informasi pribadi ini adalah:

  1. Letakkan nama terlebih dahulu, pastikan nama berada di posisi teratas dan ukuran font pada nama itu harus lebih besar dari teks yang lain.
  2. Setelah itu, tuliskan alamat.
  3. Selanjutnya, nomor telepon yang bisa dihubungi.
  4. Kemudian, alamat email yang masih aktif dan dapat dihubungi.
  5. Tuliskan CV Objective atau CV Summary

CV objective atau CV summary umumnya berisi tentang perjalanan karier. Namun, bisa diganti dengan ringkasan perjalanan pendidikan. CV objective atau CV summary diletakkan tepat dibawah informasi pribadi.

Tulis dan ceritakan selama pendidikan, jurusan apa yang kamu ambil dan apa saja yang kamu peroleh selama menjalani pendidikan tersebut. Buat secara menarik dalam satu paragraf sebanyak tiga baris.

Cantumkan Pengalaman Kerja

Cara membuat CV supaya menarik selanjutnya adalah kamu perlu untuk mencantumkan pengalaman kerja apa saja yang sudah pernah kamu jalani karena hal itu bisa menjadi pertimbangan mereka dalam memberi undangan interview.

Bagi kamu yang baru lulus atau fresh graduate, cantumkan saja pengalaman kerja meskipun itu hanya sebatas magang, asalkan masih terkait dengan pendidikan yang kamu jalani.

Masukkan Kemampuan atau Skill yang Dikuasai

Pastikan kamu hanya menuliskan kemampuan yang relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar dan usahakan hindari mencantumkan kemampuan yang umum atau semua orang bisa melakukannya, seperti menggunakan Ms. Word.

Kamu bisa menuliskan kemampuan bisa mengoperasikan software Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dsb jika pekerjaan yang akan kamu lamar berhubungan dengan Desain Grafis.

Masukkan Informasi Tambahan Jika Perlu

Informasi tambahan seperti prestasi atau pengalaman organisasi hanya sekedar tambahan saja. Jika kamu rasa perlu untuk mencantumkannya, kamu bisa menuliskannya dalam CVmu karena ada pula beberapa perekrut yang memerhatikan poin-poin tersebut dan itu akan menambah nilai plus buatmu.

Itulah 5 poin yang harus kamu perhatikan sebagai cara membuat CV yang benar dan menarik supaya dilirik oleh perekrut. Selamat mencoba!