Cara Membuat Daftar Isi dengan Ms. Word

Business photo created by tirachardz – www.freepik.com

Daftar isi menjadi sebuah komponen penting dalam pembuatan karya tulis, seperti buku, skripsi, proposal atau karya ilmiah. Daftar isi berguna untuk memudahkan pembaca mengetahui informasi apa saja yang ada dalam karya tulis tersebut. Karena, akan sangat sulit jika karya tulis yang dibuat berjumlah puluhan bahkan hingga ratusan halaman. Cara membuat daftar isi bisa dilihat dari Ms. Word.

Ms. Word memiliki fitur daftar isi untuk memudahkan Anda mengatur dan menavigasi dokumen Anda. Di bawah ini, akan dijelaskan bagaimana cara membuat daftar isi otomatis yang ada pada Ms. Word:

Daftar isi dalam Ms. Word bisa menggunakan heading style. Catat dan siapkan apa saja yang akan dijadikan heading dan subheading dari dokumen karya tulis Anda.

Membuat Heading 1

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pilih judul bab 1 sampai bab terakhir (untuk pembuatan daftar isi pada karya tulis, seperti skripsi, laporan ilmiah dan sebagainya). Tandai semua bab tersebut dan jadikan sebagai heading 1. Cara untuk menjadikan heading 1 adalah:

  1. Blok judul bab – buka menu Home – pilih change style – pilih Heading 1
  2. Klik kanan dan pilih modify pada heading 1
  3. Heading 1 berfungsi untuk menentukan nama bab di halaman daftar isi dengan cara di modify tersebut.

Membuat Sub Heading

Sub heading berfungsi untuk sub judul, bisa menggunakan heading 2 dan caranya hampir mitip dengan pembuatan heading 1, namun di sini yang Anda pakai adalah heading 2. Caranya:

  1. Klik dan blok yang akan Anda jadikan sub heading – buka menu Home – pilih change style – pilih Heading 2
  2. Klik kanan dan pilih modify pada heading 2
  3. Lalu tekan OK

Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word

Jika Anda sudah membuat dan membagi semua bab dan sub bab atau sub judul, langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi di halaman yang Anda tentukan. Cara membuat daftar isi adalah sebagai berikut:

  1. Klik menu References pada Ms. Word (ada di bagian atas)
  2. Lalu, klik Table of Contents yang ada pada pojok kiri

Dengan cara ini Anda telah berhasil membuat daftar isi otomatis pada Ms. Word tanpa kesulitan.

Update Halaman Otomatis

Selanjutnya, untuk mengganti atau menambah halaman, judul dan heading yang perlu Anda lakukan adalah klik kanan pada daftar isi – pilih Update Field – lalu tekan OK. Jika Anda ingin mengubah halaman, pilih Update Page Numbers. Jika ingin mengubah judul atau menambah sub pilih Update Entire Table.

Itulah cara membuat daftar isi otomatis yang ada di Ms. Word. Baca juga artikel tentang cara membuat daftar pustaka di sini. Selamat mencoba!