Resep Capcay Sederhana, Sajian Pas untuk Keluarga

Resep Capcay Sederhana, Sajian Pas untuk Keluarga

Kebanyakan orang memilih masakan dengan satu atau dua jenis bahan masakan saja dengan alasan praktis. Tapi nyatanya resep capcay dengan bahan yang lengkap justru semakin menarik untuk anda coba. Capcay adalah menu masakan dengan bahan utama sayuran yang tentu akan menyehatkan tubuh anda.

Karena dimasak dengan bahan yang mudah didapat dan cocok untuk lidah Indonesia, menu ini sangat mudah kita jumpai di warung-warung makanan. Terlihat biasa saja memang, namun setelah mencoba rasa dari masakan ini, akan membuat anda ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Terlebih jika anda menyantap dalam keadaan masih hangat, akan mendapatkan sensasi yang berbeda ketimbang menyantapnya saat sudah dingin.

Resep Capcay

*Ilustrasi dari pinterest.com

Resep Capcay dengan Bahan Komplit

Ketika mendengar nama masakan capcay, pasti yang ada di pikiran kita adalah berbagai jenis sayuran yang diolah menjadi satu. Hal ini masuk akal mengingat bahan utama dalam menu ini begitu beragam.

Sebenarnya konsep awal masakan ini menggunakan bahan-bahan sisa yang masih ada di kulkas dan kondisinya segar. Sehingga banyak yang mengkombinasikan bahan tersebut ke dalam sebuah masakan.

Ketika memasak capcay, biasanya anda akan mendapati kuah yang kental. Hal ini karena adanya tambahan maizena saat proses memasak berlangsung.

Untuk anda yang tidak menyukai kuah kental, tambahan bahan satu ini bisa anda skip. Namun, pada dasarnya masakan satu ini akan tetap nikmat dengan atau tanpa kuah yang kental, tergantung bagaimana anda memberi bumbu pada masakan ini.

Bahan-bahan yang Ada di Resep Capcay

Untuk memasak resep capcay, siapkan bahan-bahan berikut:

  1. Bawang putih 4 siung, memarkan
  2. Bakso sapi 5 buah, potong tipis-tipis
  3. Sayur kol secukupnya, potong-potong
  4. Udang 10 biji, bersihkan
  5. Wortel 5 buah, iris-iris
  6. Brokoli secukupnya, potong sesuai selera
  7. Lada bubuk secukupnya
  8. Tepung maizena
  9. Penyedap rasa secukupnya
  10. Air secukupnya
  11. Saus tiram, garam, dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat Capcay

  1. Cuci bersih semua sayuran, bakso, dan udang. Kemudian panaskan wajan dan minyak.
  2. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan bakso dan udang, aduk rata
  3. Setelah itu, tumis semua sayuran hingga layu. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga matang.
  4. Jangan lupa beri penyedap rasa, garam, lada bubuk, saus tiram, dan gula pasir. Icipi hingga rasa benar-benar pas.
  5. Jika rasa sesuai dengan selera anda dan sayuran sudah matang, tambahkan 1-2 sendok larutan maizena ke dalam masakan anda. Hal ini untuk menghasilkan kuah capcay yang lebih kental.
  6. Sajikan masakan ini dalam keadaan masih hangat agar rasa semakin nikmat. Resep capcay ini bisa anda tambahkan irisan cabe apabila menginginkan rasa yang pedas.

Tips Membesihkan Udang dengan Benar

Pertama, cek dahulu kesegaran udang, kemudian cuci bersih. Setelah itu, lepaskan kepala udang dengan cara menjepit kepala dengan jari telunjuk dan jempol anda. Putar dan tarik kepala udang hingga terlepas dari badannya. Selanjutnya buang kaki udang hingga bersih dan lepaskan kulit dengan menarik area kulit yang terbuka karena membuang kaki udang. Langkah terakhir, cuci kembali hingga bersih dan simpan pada freezer.

Nah, resep capcay di atas bisa anda coba. Dengan bahan sederhana, tentu anda tidak akan kesulitan menemukannya.

Tips Memilih Ayam Segar

Tips memilih ayam segar untuk berbagai masakan anda antara lain dari segi warna. Daging ayam segar memiliki warna merah mudah buka ke abu-abuan atau menghitam. Hindari ayam berwarna pucat hingga kebiruan serta berwarna mengkilap. Karena bisa jadi ayam tersebut diberi tambahan formalin.