Resep Sayur Lodeh Rumahan, Sederhana dengan Citarasa Khas

Resep Sayur Lodeh Rumahan dengan Citarasa Khas

Resep sayur lodeh rumahan dapat menjadi pilihan bagi anda yang mulai bosan menu sayur yang sama dalam setiap harinya. Sayur lodeh merupakan salah satu masakan khas Jawa yang terdiri dari berbagai sayuran. Selanjutnya campuran berbagai sayuran tersebut dimasak dengan tambahan kuah santan berbumbu rempah. Bahan sayur lodeh dapat anda tentukan sesuai selera.

Memiliki citarasa gurih yang berasal dari kuah santannya serta ditambah dengan bumbu rempah cukup kuat. Sayur lodeh seringkali menjadi lauk untuk pendamping nasi. Selain bergizi, sayur lodeh juga cukup mudah untuk dibuat. Bahan-bahan yang diperlukan pun sederhana, namun mampu memberikan citarasa yang sangat nikmat.

Resep Sayur Lodeh
*Ilustrasi dari youtube.com

Simak Resep Sayur Lodeh Rumahan

Pada umumnya, bahan utama sajian sayur lodeh terdiri dari labu siam, kacang panjang, serta tempe. Akan tetapi, anda juga dapat menambahkan elemen lain untuk memperoleh citarasa sayur yang kaya rasa.

Anda dapat menambahkan jagung manis, terong, ebi, atau yang lainnya. Bagi anda yang tertarik membuat sayur lodeh sendiri di rumah, berikut resep sayur lodeh rumahan yang sederhana dan menggugah selera.

Bahan-Bahan

  1. 300 gram labu siam, potong dadu
  2. 1 buah terong, potong dadu
  3. 1 ikat kacang panjang potong-potong
  4. 100 gram daun so (melinjo)
  5. 1 buah jagung manis potong-potong
  6. 3 cm lengkuas
  7. 2 sdt garam
  8. 2 sdt gula
  9. 2000 ml santan dari 1 butir kelapa
  10. 3 lembar daun salam
  11. 3 buah cabai besar hijau iris halus
  12. 4 buah cabai merah iris halus
  13. tahu dan tempe secukupnya potong dadu
  14. rese atau udang kering
  15. petai
  16. penyedap secukupnya
  17. minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan

  1. 8 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1/2 sendok terasi
  4. 4 butir kemiri

Langkah Membuat Sayur Lodeh

  1. Cuci bersih semua bahan sayuran
  2. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Tambahkan air serta bumbu-bumbu lainnya, masak dengan api sedang
  3. Kemudian masukkan sayuran satu per satu. Mulai dari yang paling keras. Jagung, kacang panjang, tempe, tahu, labu siam, dan terong
  4. Didihkan hingga semua sayuran empuk,
  5. Selanjutnya kecilkan api dan tuangkan santan secara perlahan, aduk jangan sampai santan pecah.
  6. Masak hingga kuah sayur lodeh sedikit mengental dan koreksi rasa.
  7. Jika semua bahan telah matang, angkat dan sajikan

Tips Membuat Sayur Lodeh Ala Jawa Timur

Masing-masing daerah memiliki keunikan tersendiri dalam memasak sayur lodeh. Meskipun memiliki kesamaan, akan tetapi yang membedakan adalah citarasa dari makanan itu sendiri. Salah satunya adalah sayur lodeh Jawa Timur. Untuk menu sayur lodeh Jawa Timur sering kali ditambahkan dengan nangka muda atau tewel.

Jika anda ingin mencoba untuk memasak sayur lodeh, pilih jenis sayur yang segar serta santan berkualitas. Karena hal ini dapat mempengaruhi rasa. Sayuran dan santan segar dapat menghasilkan citarasa sayur yang gurih dan nikmat. Cukup mudah bukan resep sayur lodeh rumahan di atas? Dengan citarasa yang khas, sayur lodeh dapat menjadi alternatif pilihan bagi anda yang gemar mengkonsumsi sayuran.

Tips Memilih Ayam Segar

Tips memilih ayam segar untuk berbagai masakan anda antara lain dari segi warna. Daging ayam segar memiliki warna merah mudah buka ke abu-abuan atau menghitam. Hindari ayam berwarna pucat hingga kebiruan serta berwarna mengkilap. Karena bisa jadi ayam tersebut diberi tambahan formalin.