Resep Masakan Rumahan yang Mudah Dibuat dan Lezat

Resep Masakan Rumahan yang Mudah Dibuat dan Lezat

Resep masakan rumahan banyak diminati berbagai kalangan. Mulai dari remaja hingga ibu-ibu. Karena masakan rumahan memiliki cita rasa yang khas dan kaya akan rempah-rempah. Cara memasaknya juga tidak terlalu rumit, tergantung jenis makanan yang akan dibuat. Selain itu, masakan rumahan biasanya menggunakan bahan-bahan yang sederhana.

Namun dari segi rasa mampu memanjakan lidah yang menikmatinya. Bahkan membuat ketagihan terus-menerus. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 pasti banyak sanak saudara yang terpisahkan oleh jarak. Selain itu, mereka juga belum dapat berjumpa satu sama lainnya untuk melepas rindu. Tentunya mereka juga merindukan cita rasa masakan rumahan. Agar rasa rindu anda terobati dengan masakan rumahan, berikut resep yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Resep Masakan Rumahan
*Ilustrasi dari pinterest.com

Resep Masakan Rumahan yang Bisa Anda Coba

Tidak hanya mudah dalam membuat, akan tetapi juga mudah dalam memperoleh bahan-bahannya. Bahan-bahan tersebut bisa anda temukan di sekitar rumah anda.

Salah Satu Resep Masakan Rumahan adalah Oseng Kangkung

Resep masakan rumahan yang tergolong simpel dan lezat ini mampu memikat lidah. Selain mudah dijumpai di kawasan pasar dan supermarket. Sayuran yang satu ini juga mengandung banyak zat yang baik untuk tubuh. Vitamin yang terkandung dalam sayur kangkung yaitu vitamin A, B, C, dan K. Selain itu, juga mengandung zat natrium, kalium, dan magnesium.

Bahan yang Dibutuhkan

  1. 1 ikat kangkung yang masih fresh
  2. 3 siung bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 5 buah cabai merah
  5. 4 buah cabai rawit
  6. 1 sachet saus tiram
  7. Garam secukupnya
  8. Gula pasir secukupnya
  9. Penyedap rasa secukupnya
  10. 2 sdm minyak untuk menumis

Cara Memasak

  1. Panaskan minyak secukupnya pada wajan penggorengan
  2. Masukkan irisan bawang merah dan bawang putih. Setelah itu, tumis hingga harum dan layu
  3. Selanjutnya tambahkan irisan cabai merah, lalu aduk bersama bawang merah dan putih agar merata
  4. Lalu tambahkan potongan kangkung yang sudah dicuci sebelumnya ke dalam wajan dan aduk hingga merata
  5. Setelah merata, tambahkan penyedap dan saus tiram
  6. Terakhir, aduk rata semua bahan. Setelah matang, kangkung siap anda sajikan

Tips Mengolah Kangkung Agar Matang Sempurna

Sebelum anda mengolah kangkung, terlebih dahulu anda harus mengetahui jenis sayuran yang satu ini. Sayur kangkung mempunyai 2 jenis yaitu kangkung darat dan kangkung air. Kangkung darat dapat ditanam di sekitar pekarangan rumah atau kebun yang kering. Sedangkan kangkung air biasanya hidup di daerah rawa atau perairan. Warna kangkungnya juga sedikit berbeda.

Karena pada batang kangkung ini sedikit berwarna kecoklatan hijau, untuk mengolah kangkung anda harus membersihkan bagian batangnya dengan mendalam. Hal ini agar tidak terdapat sisa kotoran atau binatang lintah yang terselip di dalamnya. Anda bisa membelah batang kangkung menjadi dua bagian agar memudahkan dalam proses pencuciannya. Resep masakan rumahan ini juga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Karena kangkung mengandung cukup banyak air sehingga nantinya akan menyusut dan matang.

 

Tips Memilih Ayam Segar

Tips memilih ayam segar untuk berbagai masakan anda antara lain dari segi warna. Daging ayam segar memiliki warna merah mudah buka ke abu-abuan atau menghitam. Hindari ayam berwarna pucat hingga kebiruan serta berwarna mengkilap. Karena bisa jadi ayam tersebut diberi tambahan formalin.