Resep Opor Ayam Sederhana dengan Rasa yang Menggugah Selera

Resep Opor Ayam dengan Rasa yang Menggugah Selera

Resep opor ayam sederhana dapat menjadi salah satu inspirasi menu masakan yang nikmat dan gurih. Kelezatan opor ayam tentu sangat menggugah selera. Opor ayam menjadi hidangan ikonik yang seringkali hadir dalam berbagai acara spesial. Baik acara kumpul keluarga ataupun acara istimewa lainnya. Pada umumnya, opor ayam berisikan daging ayam serta tahu. Namun terdapat beberapa orang yang menambahkan telur rebus. Dengan tambahan kuah kuningnya, tentu membuat kelezatan tersendiri pada kuliner ini.

Resep Opor Ayam
*Ilustrasi dari youtube.com

Rahasia Resep Opor Ayam Nikmat dan Gurih

Opor ayam merupakan hidangan yang sudah cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Opor ayam merupakan salah satu hidangan dengan bahan dasar daging ayam serta santan. Untuk lebih jelasnya, akan kita bahas mengenai bahan-bahan serta proses memasak opor ayam secara lebih rinci.

Bahan-Bahan Opor Ayam

Bahan Utama

  1. 1 ekor ayam
  2. 6 butir telur rebus
  3. 500 ml santan kental
  4. 1 liter santan encer
  5. 3 lembar daun salam
  6. 5 lembar daun jeruk
  7. 2 ruas kayu manis
  8. 5 butir cengkih
  9. 1/2 butir pala
  10. 2 batang serai, memarkan
  11. lada halus secukupnya
  12. 2 sdt garam
  13. 1 sdm asam jawa
  14. gula pasir secukupnya

Bumbu Halus

  1. 5 siung bawang putih
  2. 10 siung bawang merah
  3. 1 ruas jahe
  4. 2 ruang lengkuas
  5. 5 butir kemiri
  6. 2 sdm ketumbar
  7. 2 ruas kunyit
  8. 1 sdt jinten

Cara Memasak Opor Ayam

Sebelum mulai memasak, cuci bersih daging ayam dan potong menjadi beberapa potongan. Selanjutnya haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, ketumbar, kemiri, hingga jinten menjadi satu hingga lembut.

Langkah berikutnya, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, kayu manis, cengkih, serta pala ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata serta berubah warna menjadi lebih gelap.

Lalu masukkan ayam ke dalam tumisan bumbu. Jika ayam dan bumbu sudah tercampur, tuangkan santan encer secara perlahan dalam campuran bumbu dan ayam. Aduk terus jangan sampai santan pecah.

Masak ayam hingga daging berasa lunak. Pada saat santan telah tercampur hingga mendidih, tuang santan kental ke dalamnya.

Aduk perlahan jangan biarkan santan pecah. Tunggu sebentar serta biarkan opor mendidih.

Berikutnya, bumbui opor ayam dengan lada bubuk, garam, gula serta air asam jawa. Terakhir masukkan telur rebus, aduk kembali hingga tercampur rata. Biarkan hingga benar-benar matang, kemudian sajikan dengan bawang goreng.

Tips Memasak Opor Ayam Tahan Lama

Untuk dapat memasak opor ayam lebih tahan lama tidak mudah basi, sebaiknya anda masak dengan menggunakan api kecil. Pasalnya, jika anda memasak dengan menggunakan api besar, justru akan membuat santan mudah pecah.

Selain itu, api besar juga akan berpengaruh terhadap tingkat kematangan ayam. Api besar menyebabkan ayam tidak matang merata serta bumbu kurang meresap.

Hal penting lain adalah dari kualitas bahan. Gunakan ayam dan santan segar dalam proses memasak opor ayam. Jangan gunakan santan yang telah ditaruh dalam suhu ruang dengan durasi yang lama karena dapat membuat opor ayam cepat basi.

Tips Memilih Ayam Segar

Tips memilih ayam segar untuk berbagai masakan anda antara lain dari segi warna. Daging ayam segar memiliki warna merah mudah buka ke abu-abuan atau menghitam. Hindari ayam berwarna pucat hingga kebiruan serta berwarna mengkilap. Karena bisa jadi ayam tersebut diberi tambahan formalin.