Resep Mie Ayam Nikmat, Menu Favorit Semua Orang

Resep Mie Ayam Nikmat, Menu Favorit Semua Orang

Resep mie ayam mungkin dianggap mudah dan bisa dibuat oleh siapa saja. Bahan yang digunakan pun tidak terlalu sulit anda dapatkan. Mie ayam itu sendiri menjadi makanan yang digemari oleh semua orang. Bahkan di mana anda berada, mencari makanan yang satu ini pun tidak terlalu sulit. Rasanya yang lezat dan nikmat, cocok dengan lidah orang Indonesia.

Masih banyak lagi alasan sebagian besar orang menyukai makanan yang satu ini. Bagi pecinta mie mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai resep mie ayam. Namun jika anda sangat menyukai makanan yang satu ini, bisa mencoba membuatnya sendiri. Apalagi cara pembuatannya tidak sulit. Anda bisa meraciknya sendiri sesuai selera. Dengan resep yang tepat, rasanya pun tidak akan kalah dengan yang dijual pada umumnya.

Resep Mie Ayam
*Ilustrasi dari pinterest.com

Resep Mie Ayam Nikmat dan Mudah

Mie ayam memiliki rasa nikmat. Makanan yang satu ini merupakan variasi dari olahan mie yang cukup populer. Bahkan mie ayam sering sekali dijumpai di pinggir jalan. Tidak hanya itu saja, justru kini olahan makanan ini juga banyak dijual di restoran. Hadir dengan berbagai resep olahan yang menarik, membuatnya semakin populer.

Varian olahan mie ayam terlihat dari topping yang diberikan. Biasanya mie ayam diolah dengan penyajian lengkap. Mulai dari ayam, pangsit, bakso, lengkap dengan sawi hijau. Anda bisa coba membuat masakan yang satu ini sehingga lebih higienis dan berikan topping sesuai selera.

Bahan Pembuatan Mie Ayam

  1. 200 gram dada ayam potong dadu
  2. 500 gr mie telur/basah
  3. 100 ml kecap asin
  4. 10 ml kecap manis
  5. sawi hijau/caisim potong-potong
  6. lengkuas
  7. 5 lembar daun jeruk
  8. 4 lembar daun salam
  9. 1 batang serai
  10. gula, garam, lada secukupnya
  11. kaldu bubuk
  12. minyak wijen
  13. daun bawang iris tipis
  14. pangsit

Selain bumbu utama yang perlu disiapkan, ada juga bumbu halusnya, yaitu:

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 2 ruas kunyit
  4. 2 ruas jahe
  5. 2 butir kemiri

Penjelasan Detail Resep Mie Ayam

Setelah bumbu dan bahan mie ayam sudah siap, anda bisa membuatnya sendiri. Cara membuat mie ayam mudah dan sederhana. Namun, rasanya tidak kalah nikmat dengan yang lainnya.

  1. Panaskan minyak secukupnya
  2. Masukkan bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, dan sereh hingga harum.
  3. Masukkan dada ayam yang sudah dipotong dadu, aduk hingga rata.
  4. Tambahkan kecap manis, garam, gula, dan penyedap rasa.
  5. Masukkan daun bawang yang sudah diiris tipis
  6. Icipi rasanya. Jika kurang pas, bisa anda tambahkan sendiri.
  7. Sajikan. Siapkan mangkuk, masukkan minyak wijen dan bumbu yang sudah dibuat.
  8. Masukkan kecap asin, rebus mie, dan sawi hijau, tuang ke dalam mangkuk. Tambahkan pangsit sebagai pelengkap. Aduk hingga mie dan yang lainnya bercampur.

Tips Memilih Ayam Segar

Tips memilih ayam segar untuk berbagai masakan anda antara lain dari segi warna. Daging ayam segar memiliki warna merah mudah buka ke abu-abuan atau menghitam. Hindari ayam berwarna pucat hingga kebiruan serta berwarna mengkilap. Karena bisa jadi ayam tersebut diberi tambahan formalin.