Resep Ayam Goreng Masa Kini yang Lezat

Resep Ayam Goreng Masa Kini yang Lezat

Resep ayam goreng memang banyak variannya. Pada dasarnya semua ayam goreng memiliki cita rasa yang gurih, empuk, dan lembut. Cocok dihidangkan untuk anda yang suka dengan makanan simpel dan sederhana.

Ayam goreng biasanya menjadi makanan yang paling favorit. Hal ini dibuktikan dari banyaknya orang yang mengonsumsi ayam goreng. Bahkan bisa ditemui di berbagai wilayah bahwa ayam goreng adalah menu yang banyak terdapat di rumah makan.

Resep Ayam Goreng
*Ilustrasi dari pexels.com

Resep Ayam Goreng yang Gurih dan Lembut

Untuk mendapatkan ayam goreng yang sesuai selera memang harus dimasak dan diolah dengan berbagai metode. Ayam goreng cocok dihidangkan bersama sambal, sayur, dan lain sebagainya. Mungkin anda sudah tergiur dengan resepnya? Berikut adalah resep memasak ayam goreng yang bisa anda jadikan referensi:

Ayam Goreng Lengkuas

Resep ayam goreng lengkuas merupakan salah satu cara yang paling populer untuk memunculkan aroma wangi. Biasanya menu ini disajikan dengan sambal yang sangat lezat. Berikut adalah cara memasaknya.

Bahan-bahan

  1. Ayam 8 potong
  2. Lengkuas 100 gram yang sudah diparut
  3. Gula pasir secukupnya
  4. Garam secukupnya
  5. Penyedap rasa
  6. Daun salam 3 lembar
  7. Serai
  8. 9 siung bawang merah
  9. 4 siung bawang putih
  10. 5 butir kemiri
  11. 1 sdm ketumbar
  12. 2 ruas kunyit

Bahan Sambal

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. Cabai rawit dan keriting
  4. 1 buah tomat
  5. 2 jeruk limo
  6. Terasi
  7. Garam
  8. Gula pasir

Cara Membuat Ayam Goreng

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah menghaluskan semua bumbu dan ditambahkan gula, garam, serta penyedap rasa.
Selanjutnya bisa ditumis hingga harum dan masukkan salam, serai, lengkuas, dan ayam. Jika sudah, bisa menambahkan 500 ml air.
Semuanya dimasak hingga air menyusut habis. Jika sudah, ayam bisa diangkat dan didiamkan selama kurang lebih 1 hingga 2 jam.
Setelah itu, panaskan minyak pada wajan dan goreng ayam hingga berwarna kecoklatan.

Membuat Sambal

Tahapan pertama untuk membuat sambal adalah goreng bawang merah, putih, dan cabai hingga layu. Kemudian masukkan tomat ke dalam penggorengan.
Semuanya bisa diulek kasar dengan tambahan gula, garam, dan teras. Campur semuanya hingga rata.
Jika sudah, maka tumis selama 2 menit.
Angkat sambal dan sajikan bersama ayam goreng.

Tips Agar Ayam Tidak Keras

Mungkin membaca resep ayam goreng saja tidak cukup untuk membuat ayam agar empuk. Solusi yang tepat agar ayam yang anda goreng tidak keras bisa menggunakan minyak baru dan bukan sisa. Selanjutnya bisa dengan menusuk daging ayam dengan garpu atau tusuk gigi. Cara ini bisa membuat serat pada daging lebih lunak. Ketika ayam digoreng, maka bumbu akan lebih meresap dan tidak alot. Apalagi jika yang digoreng adalah bagian dada. Mengingat bagian ini memiliki banyak serat yang bisa ditusuk agar lebih empuk.

Resep ayam goreng di atas bisa anda jadikan referensi. Sebenarnya masih banyak lagi resep yang bisa anda buat. Anda bisa mengelaborasi berbagai resep agar tercipta menu baru yang lezat.

Tips Memilih Ayam Segar

Tips memilih ayam segar untuk berbagai masakan anda antara lain dari segi warna. Daging ayam segar memiliki warna merah mudah buka ke abu-abuan atau menghitam. Hindari ayam berwarna pucat hingga kebiruan serta berwarna mengkilap. Karena bisa jadi ayam tersebut diberi tambahan formalin.