Resep Nasi Goreng Sederhana dengan Rasa yang Nikmat

Resep Nasi Goreng Sederhana dengan Rasa yang Nikmat

Ketika lapar melanda, tapi bosan dengan lauk yang itu-itu saja lebih baik anda berkreasi mencoba resep nasi goreng sederhana. Nasi goreng termasuk sajian paling nikmat dan memiliki cita rasa yang khas. Bahkan kini sudah banyak pedagang maupun resto yang memasukan nasi goreng dalam menu masakan mereka.

Di Indonesia, nasi goreng merupakan sajian favorit yang cocok dinikmati kapan saja. Untuk sarapan, ketika makan siang, bahkan apabila anda menginginkan sajian ini pada malam hari, pun juga cocok untuk anda santap. Selain karena sangat nikmat dan cocok dalam segala waktu, nasi goreng ini sangat mudah dalam pembuatannya.

Resep Nasi Goreng
*Ilustrasi dari pinterest.com

Resep Nasi Goreng

Berbekal dengan bahan-bahan yang mudah anda dapat, nasi goreng menjadi andalan untuk mengatasi rasa lapar. Mungkin banyak tukang nasi goreng yang berjualan di sekitar anda. Namun tak ada yang bisa mengalahkan kelezatan hasil masak sendiri. Selain itu anda juga bisa mengira-ngira sendiri masakan sesuai dengan selera anda.

Tak bisa dipungkiri, nasi goreng ini termasuk sajian yang cocok untuk semua orang. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bahkan menjadikan nasi goreng sebagai makanan kesukaan mereka.

Dengan resep nasi goreng yang sangat sederhana ini tentu siapa saja bisa membuat sajian istimewa satu ini. Anda hanya perlu menambahkan beberapa sayuran dan protein agar nasi goreng mengandung gizi seimbang.

Bahan yang diperlukan

Proses pembuatan nasi goreng ini sangat praktis, karena bumbunya pasti sudah ada di dapur anda. Berikut bahan-bahan yang harus anda siapkan:

  1. Nasi putih 1 piring
  2. Telur 2 butir , kocok lepas
  3. Wortel 1 buah potong kecil-kecil
  4. bakso ayam atau sapi secukupnya
  5. Ayam suir 1 mangkuk kecil
  6. Bawang putih 2 siung
  7. Bawang merah 5 siung
  8. Cabe rawit 5 biji (bagi pecinta pedas)
  9. Minyak goreng 3 sendok makan
  10. Tomat 1 buah
  11. Daun bawang 1 batang
  12. Selada secukupnya
  13. kecap secukupnya
  14. Garam secukupnya
  15. Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan sedikit garam.
  2. Masukkan minyak goreng dalam wajan dan panaskan di atas kompor. Selanjutnya tumis bumbu yang sudah anda dihaluskan hingga harum.
  3. Tambahkan telur yang sudah dikocok kedalam wajan, lalu aduk sebentar.
  4. Masukkan irisan wortel, bakso, ayam suir, dan daun bawang, kemudian aduk-aduk hingga layu.
  5. Jika sudah layu, masukkan nasi putih dan aduk hingga tercampur rata.
  6. Jangan lupa tambahkan bumbu agar nasi goreng lebih lezat.
  7. Beri sedikit kecap dan penyedap rasa, cicipi agar bumbu terasa pas. Tambahkan jika kurang.
  8. Tahap terakhir, jika sudah matang angkat dan hidangkan dalam piring.
  9. Nasi goreng siap anda nikmati dengan menambahkan selada dan tomat pada nasi goreng anda.

Selamat, karena anda telah berhasil mencoba resep nasi goreng dengan hasil masakan yang sempurna. Hidangkan dengan menambahkan kerupuk dan timun.

Tips Agar Nasi Goreng Tidak Menggumpal

Nasi yang menggumpal tentu akan mengurangi rasa nikmat pada nasi goreng buatan anda. Sebenarnya mudah untuk mengakali hal ini, karena permasalahannya terletak pada nasi saja. Anda hanya perlu menggunakan nasi pera yang sudah dingin dalam membuat nasi goreng. Karena nasi yang masih hangat akan menggumpal ketika bercampur minyak dalam wajan, sehingga bumbu tidak tercampur rata.

Tips Memilih Ayam Segar

Tips memilih ayam segar untuk berbagai masakan anda antara lain dari segi warna. Daging ayam segar memiliki warna merah mudah buka ke abu-abuan atau menghitam. Hindari ayam berwarna pucat hingga kebiruan serta berwarna mengkilap. Karena bisa jadi ayam tersebut diberi tambahan formalin.