Resep Salad Buah yang Menyegarkan Sebagai Hidangan Penutup

Resep Salad Buah yang Menyegarkan dan Menyehatkan

Salad buah cocok dikonsumsi sebagai hidangan penutup yang menyehatkan. Dengan konsumsi makanan yang satu ini, mampu menyeimbangkan asupan gizi harian. Resep salad buah pun cukup simple dan mudah anda buat sendiri. Rasanya yang menyegarkan dari perpaduan berbagai macam buah ini memang disukai banyak orang. Ada banyak varian salad buah yang bisa dikombinasikan dengan tepat.

Bahkan mampu memberikan sensasi nikmat dan nyaman di mulut. Tidak hanya rasanya yang bervariasi, buah yang anda pilih pun bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Daripada anda membelinya, alangkah baiknya jika mencoba membuat resep makanan penutup yang satu ini sendiri.

Resep Salad Buah

*Ilustrasi dari youtube.com

Resep Salad Buah yang Sehat dan Menyegarkan

Mungkin sudah banyak orang yang tahu apa itu salad buah. Hidangan dari aneka buah segar ini cukup terkenal hingga saat ini. Anda bisa membuatnya kapan dan di mana saja. Pada umumnya, makanan ini terdiri dari berbagai macam buah segar dengan bahan pelengkapnya. Misalnya susu kental manis , yogurt, mayones, dan keju. Bagi anda yang belum pernah membuatnya sekalipun, tidak perlu khawatir.

Sebab, ada banyak resep yang bisa anda temukan dan cukup praktis. Membuatnya di rumah pun anda bisa, karena bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan. Anda bisa membelinya di pasar tradisional maupun swalayan. Berikut ini ada beberapa resep salad buah dan cara mudah membuat makanan yang sehat dan menyegarkan.

Bahan-Bahan Salad Buah

Berikut ini ada beberapa bahan-bahan yang perlu anda persiapkan sebelum membuat salad buah. Sebenarnya untuk buah dan pelengkapnya bisa bermacam-macam, antara lain:

  1. 200 gram stroberi dibelah dua
  2. 1 buah jeruk buka dan bersihkan
  3. 1 buah leci
  4. 250 gram apel potong kotak
  5. 1 bungkus nata de coco
  6. Bahan Pelengkap
  7. 125 ml yoghurt
  8. 100 gram mayonnaise
  9. 50 ml susu kental manis full cream
  10. 1/2 sdt garam
  11. keju secukupnya
  12. air

Cara Membuat Salad Buah

Berikut ini ada beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan dalam pembuatan salad buah.

  1. Siapkan dressing atau saus untuk menjadi langkah awal dalam pembuatan salad buah. Saus tersebut terbuat dari campuran yoghurt, susu kental manis, mayonnaise dan garam. Campurkan beberapa bahan tersebut dalam satu wadah.
  2. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan saus yang telah dibuat tadi beberapa saat di lemari es.
  4. Siapkan buah-buahan yang sudah anda pilih dan potong-potong.
  5. Siapkan mangkuk atau tempat saji.
  6. Tata semua buah pada wadah tersebut termasuk nata de coco.
  7. Ambil saus yang sudah anda dinginkan dan tuang tepat di atas buah-buahan yang sudah ditata. Aduk hingga merata dan bercampur.
  8. Taburkan keju yang telah diparut secara merata sebagai topping.
  9. Letakkan beberapa buah di atasnya untuk membuat tampilannya lebih menarik. Misalnya jeruk dan stroberi.
  10. Setelah itu, salad buah pun bisa anda nikmati sebagai hidangan penutup yang menyehatkan.

Tips Memilih Buah yang Segar

Buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang ada di dalamnya cukup beragam dan pada setiap buah berbeda-beda. Maka dari itu, pilih buah yang segar dan baik. Cara menentukan buah yang segar, anda bisa lihat dari bagian kulit, warna, bentuk, dan tingkat kekerasan.

Tips Memilih Ayam Segar

Tips memilih ayam segar untuk berbagai masakan anda antara lain dari segi warna. Daging ayam segar memiliki warna merah mudah buka ke abu-abuan atau menghitam. Hindari ayam berwarna pucat hingga kebiruan serta berwarna mengkilap. Karena bisa jadi ayam tersebut diberi tambahan formalin.