Resep Tongseng Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus

Resep Tongseng Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus

Resep tongseng kambing cukup beragam. Cara memasaknya pun harus dengan cara khusus agar daging tidak berbau amis dan keras. Maka dari itu, saat ingin memasaknya, gunakan resep terbaik untuk bisa mendapatkan hasil maksimal. Beragam olahan daging kambing memang cukup populer dan memiliki banyak peminat. Salah satunya yaitu tongseng. Kambing sering sekali juga digunakan sebagai hewan kurban. Nah, ketika memperoleh daging tersebut, anda bisa memasak tongseng sendiri.

Beragam cara bisa dilakukan untuk membuat masakan terasa lebih enak dan lezat. Anda bisa mencoba beberapa tongseng dengan berbagai resep pilihan. Sebaiknya jangan asal mengolah daging kambing. Sebab, jika salah saat proses pengolahan, justru bau amis khas kambing tidak bisa hilang. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor rasa masakan kurang nikmat.

Resep Tongseng Kambing

*Ilustrasi dari id.pinterest.com

Resep Tongseng Kambing Sederhana

Tongseng kambing memang cukup populer dari dulu hingga sekarang. Masakan berbahan daging kambing ini dicampur dengan berbagai sayuran dan bumbu rempah pilihan. Ada beberapa bahan yang bisa anda siapkan untuk mencoba memasak tongseng.

Bahan Utama

  1. 1/2 daging kambing
  2. 1 sdt gula pasir
  3. 1 sdt merica bubuk
  4. 1 helai daun bawang, kemudian diiris
  5. 50 ml air
  6. garam secukupnya
  7. cabai rawit utuh menurut selera
  8. minyak untuk menumis
  9. kol iris besar sesuai selera
  10. 1 buah tomat, kemudian diiris
  11. 2 sdm kecap manis
  12. 1/3 sdt penyedap rasa lengkuas geprek
  13. 1 batang sere, geprek
  14. 2 lembar daun jeruk
  15. 2 lembar daun salam

Bumbu Halus

  1. 1 iris jahe
  2. 4 siung bawang putih
  3. 5 siung bawang merah

Cara Pembuatan Tongseng Kambing

Setelah bahan-bahan dan bumbu sudah tersedia, barulah anda siap memasak tongseng. Berikut ini ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan. Namun, sebelumnya anda harus rebus daging kambing dan bersihkan. Kemudian ikuti langkah berikut ini.

  1. Setelah daging anda rebus dan dalam keadaan bersih, segera panaskan minyak.
  2. Tumis bumbu halus yang sudah disiapkan tadi. Masukkan bersama lengkuas, sere, daun jeruk, dan daun salam hingga harum.
  3. Masukkan daging kambing dan air secukupnya.
  4. Selanjutnya masukkan garam, merica bubuk, bumbu penyedap rasa, dan gula. Tunggu hingga daging kambing benar-benar empuk.
  5. Saat kuah sudah mengental barulah masukkan kecap manis dan kol.
  6. Selanjutnya masukkan cabai dan tomat masak hingga layu.
  7. Icipi rasanya. Jika ada bumbu yang kurang, anda bisa tambahkan.
  8. Angkat dan sajikan.

Tips Mengolah Daging Kambing Agar Empuk

Saat hari raya idul Adha, daging kambing menjadi salah satu olahan wajib bagi sebagian besar orang. Namun, sering kali mengolahnya kurang empuk. Sebab, cara memasak daging kambing agar empuk memang tidak bisa sembarangan. Ada beberapa cara khusus yang bisa anda lakukan untuk membuatnya empuk.

Cara yang bisa anda lakukan yaitu menggunakan daun pepaya atau nanas. Daun pepaya memiliki zat papain yang mampu membuat daging empuk. Remas daun dan bungkus daging kambing. Diamkan kurang lebih 1 jam. Jika tidak, parut nanas dan balurkan pada daging, lalu diamkan 1 jam

Tips Memilih Ayam Segar

Tips memilih ayam segar untuk berbagai masakan anda antara lain dari segi warna. Daging ayam segar memiliki warna merah mudah buka ke abu-abuan atau menghitam. Hindari ayam berwarna pucat hingga kebiruan serta berwarna mengkilap. Karena bisa jadi ayam tersebut diberi tambahan formalin.